Kenalan Sama Hillary Clinton, Yuk!

Hillary Diane Rodham Clinton, seorang senator Junior Amerika Serikat dari negara bagian New York. Untuk kamu yang belum tahu, sebenarnya wanita yang kerap disebut Hillary Clinton ini merupakan istri dari Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat ke-42. Sebelumnya, wanita kelahiran 26 Oktober 1947 ini adalah seorang pengacara.

Wanita ini dilahirkan di Chicago, Illinois dan dia dibesarkan pada sebuah keluarga Methodist di Park Ridge, Illinois. Sang ayah, Hugh Ellsworth Rodham merupakan seorang konservatif dan juga eksekutif pada industri tekstil. Sedangkan sang ibu, Dorothy Emma Howell Rodham, adalah seorang ibu rumah tangga.

Di tahun 1973, Hillary lulus dari sekolah Hukum Yale dan setelahnya ia pindah ke Arkansas di tahun 1974. Setahun setelahnya, tepatnya di tahun 1975 ia menikah dengan Bill Clinton.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Hillary adalah seorang pengacara. Kariernya ketika menjadi pengacara sangat gemilang, di mana ia menjadi wanita pertama di Firma Hukum Rose tahun 1979. Selain itu ia juga dua kali menjadi salah satu dari 100 pengacara paling berpengaruh di Amerika.

hillary clinton

Ketika suaminya Clinton, terpilih sebagai Jaksa Agung Arkansas, dan menjadi gubernur pada negara bagian tersebut pada 1978, Hillary menjadi ibu Gubernur dan aktif pada sejumlah organisasi yang berhubungan dengan kesejahteraan anak-anak dan juga menjadi anggota direksi Wal-Mart serta beberapa perusahaan lain.

Ada beberapa hal yang pernah diusahakan Hillary Clinton ketika ia menjadi Ibu Negara Amerika Serikat, salah satunya adalah rancangan layanan kesehatan Clinton. Itu adalah inisiatif terbesarnya, namun sayangnya gagal disetujui oleh kongres di tahun 1994.

Di tahun 1997 dan 1999, ia memiliki peran di dalam pembentukan program tate Children’s Health Insurance Program, Adoption and Safe Families Act, dan Foster Care Independence Act.

Ada suatu kasus yang melibatkan dirinya di tahun 1996, saat itu ia diminta memberikan kesaksian di hadapan para juri karena kontroversi Whitewater. Hillary tidak pernah didakwa mengenai tuduhan apapun selama masa kepresidenan suaminya.

Di tanggal 12 April 2015, secara resmi Hillary Clinton mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden untuk pemilu 2016.

Sebenarnya banyak media yang meyakini dirinya adalah calon yang potensial dan ia menjadi wanita pertama yang mengklaim status calon potensial untuk politik besar Amerika Serikat.

Dibandingkan lawannya, Clinton sebenarnya memimpin secara signifikan disebagian besar tahun 2016. Namun, semakin lama Clinton semakin tertinggal dari Trump dan akhirnya dikalahkan oleh Donald  Trump pada pemilihan presiden 8 November 2016.

Tetapi dari pencalonan ini, Hillary menjadi calon presiden perempuan pertama di Amerika yang mendapatkan mayoritas dari partai terbesar dari negara adidaya itu. Ia pun mengalahkan saingannya, Bernie Sanders.

Meski demikian, tim kampanye dari Hillary saat itu belum bisa bernafas dengan lega, karena tim lawan masih belum mau mengakui kekalahan.

Mereka bahkan memberikan ancaman kalau akan membuat Hillary kehilangan suaranya. Ternyata ini juga menjadi perhatian dari tim kampanye Hillary, di mana mereka khawatir kalau pendukung Hillary di California tidak lagi akan memilih karena mengira kalau sosok yang dipilih mereka sudah memenangkannya.

Itulah sedikit ulasan tentang politikus wanita, Hillary Clinton. Meski jalan perpolitikannya tidak semulus itu, namun ia tetap berjuang untuk bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat yang membutuhkannya.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu sedikit lebih tahu tentang sosok di atas, ya!