Joe Biden Resmi Dilantik Sebagai Presiden Perempuan Tertua di Amerika Serikat

Joe Biden telah resmi menjadi salah satu presiden ke-46, dimana perempuan ini menggantikan presiden Donald Trump. Politikus dari partai Demokrat ini juga dilantik menjadi presiden di sebuah halaman Gedung Capitol, Washington DC di hari Rabu, 19 Januari 2021. Biden ini sendiri mengambil sumpah jabatan di hadapan hakim Agung AS John Robert.

Dengan meletakkan tangan di atas Alkitab Pusaka yang dimiliki oleh keluarganya dan lebih dari satu abad ini ia bersumpah akan melestarikan melindungi dan mempertahankan Konstitusi negara Amerika Serikat. Dimana Biden ini akan menjadi presiden tertua dalam sebuah sejarah di negara Amerika Serikat. Usianya saat ini telah berusia 78 tahun. Diaman pelantikan di Washington ini juga akan menjadi pelantikan paling sederhana bagi negara Amerika Serikat.

Pelantikannya di negara Wahington juga akan menjadi paling sederhana bagi negara Amerika Serikat. Selain wabah pandemi ini, juga disebabkan adanya faktor keamanan setelah massa pendukung Donald Trump ini menyerbu gedung Capitol pada tanggal 6 Januari. Pelantikannya di Washington ini akan menjadi paling sederhana bagi negara Amerika Serikat. Selain karena adanya pandemi, hal ini akan disebabkan faktor keamanan setelah masa pendukung Trump yang menyerbu gedung Capitol pada tanggal 6 Januari.

Beberapa jam sebelum pelantikan, presiden Trump ini meninggalkan Gedung Putih dan ia terakhir kalinya terbang dengan pesawat kepresidenan Air Force One menuju resor miliknya di Florida. Presiden ini menolak bertemu dan menghadiri pelantikan Biden. Sikapnya ini akan melanggar tradisi politi di Amerika Serikat. Pertemuan presiden baru dan lama pada pelantikan ini merupakan salah satu siyarat menegaskan peralihan kekuasaa secara damai. Presiden ini juga tidak mengakui kekalahan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pad atanggak 3 November 2020. Dimana mereka juga tidak menyebutkan nama Biden dalam sambutan terakhirnya sebagai salah satu presiden di Rabu pagi da justru memuji rekor pemerintahannya dan akan berjanji kembali dalam beberapa bentuk. Tokoh terkemuka partai republik termasuk wakil presiden Mike Pence ini juga menghadiri pelantikan Biden ini.