Mengenal Presiden Pertama Wanita di Indonesia, Megawati Soekarnoputri

Megawati merupakan seorang mantan presiden negara Republik Indonesia, dan ia juga merupakan presiden wanita pertama di Indonesia yang menjabat pada tahun 2001 hingga 2004.

Diketahui juga bahwa Megawati merupakan presiden ke-5, sosok yang satu ini memiliki nama lengkap yaitu Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri.

Wanita hebat ini lahir di Yogyakarta, 23 January 1947, Megawati sendiri merupakan anak pertama dari sang proklamator sekaligus presiden pertama di Indonesia yaitu Soekarno.

Walaupun ia merupakan seorang anak presiden, hal tersebut tidak membuatnya menjadi sombong, hal tersebut terlihat dari masa kecilnya.

Ketika kecil ia sangat suka memanjat pohon di sekitaran istana negara, walaupun ia sendiri merupakan seorang perempuan tetapi ia sangat hebat dalam urusan memanjat.

Ia mengalami pendidikannya dari tingkat SD hingga SMA pada sekolah yang sama yaitu SMA Perguruan Cikini.

Setelah tamat dari SMA ia kemudian melanjutkannya ke tingkat universitas, diketahui juga ia pernah belajar pada dua universitas yaitu Universitas Padjajaran dengan fakultas pertanian pada tahun 1965 hingga 1967, dan Universitas Indonesia dengan fakultas psikologi pada tahun 1970 hingga 1972.

Semasa berkuliah juga ia cukup aktif dalam berorganisasi, salah satunya adalah di GMNI atau Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, hal tersebut dirasa turun dari gen sang ayah yang merupakan seorang pejuang sekaligus politkus.

Sejak muda juga, ia sudah memberanikan diri untuk terjun langsung ke dalam dunia politik, hal tersebut dilakukannya untuk melatih skill socialnya.

Keputusannya untuk terjun ke dalam dunia politik dengan GMNA akhirnya mempertemukannya dengan sang alm suaminya pada saat itu yaitu Alm. Taufik Kemas.

Namun sebelum bertemu dan kemudian menikah dengan Taufik, Megawati sempat memiliki seoarng suami yang berprofesi sebagai pilot.

Suaminya adalah Letnan Satu Surindro Supjarso yang merupakan pilot AURI dan juga perwira pertama di TNI AU.

Surindo juga merupakan sahabat dari kakak Megawati, suaminya kemudian meninggal karena kecelakaan pesawat jenis Skyvan T-701 yang dikendalikannya pada saat itu tehempas ke laut di sekitar perairan Pulau Biak, Irian Jaya pada tahun 1970.

Setelah melalui perjuangan yang sangat Panjang dalam dunia politik, akhirnya pada tahun 2001, Megawati terpilih menjadi presiden ke-5 Indonesia sekaligus menjadi presiden wanita pertama khususnya di Indonesia.

Hal tersebut tentu menggemparkan dunia, bahkan AS yang merupakan negara liberal dan juga demokratis belum mempunyai presiden perempuan pada saat itu.

Sebelum menjadi presiden, ia juga diketahui merupakan wakil presiden pada masa jabatan KH Abdurrahman Wahid.

Setelah masa jabatannya selesai, ia kembali mencalonkan diri sebagai Presiden untuk mempertahankan posisinya, namun sayang ia harus kalah dengan calon baru yang kuat yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Meskipun menjadi presiden wanita, semasa pemerintahannya Megawati yang merupakan anti kekerasan merupakan pilihan yang tepat mengingat pada masa itu Indonesia sedang dalam kondisi yang panas pada waktu itu.

Ia juga sangat cermat dalam mengambil keputusan, meski tergolong lama dalam memutuskan, namun ketika sudah diputuskan maka keputusan tersebut tidak akan berubah lagi yang menjadikannya sangat konsisten.

Nah, kira-kira itulah sedikit profil tentang presiden wanita pertama di Indonesia yaitu Megawati Soekarnoputri.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan informasi serta pengetahuan tambahan untuk kamu ya.

Jangan pernah ragu dalam mencoba sesuatu seperti yang dilakukan Megawati Soekarnoputri.