MENGENAL SOSOK PEREMPUAN HEBAT DIBALIK PEREOKONOMIAN NEGARA

Setiap negara manapun pasti tak luput dari yang namanya lembaga-lembaga. Entah itu membantu dalam mengelola negara, membantu pemimpin hingga kebijakan-kebijakan lainnya yang membuat suatu negara menjadi lebih tertata.

Siapa yang tak kenal dengan sosok perempuan ini. Ibu dari 3 anak yang sangat hebat dalam mengatur perekonomian negara Indonesia. Sri Mulyani Indrawati, merupakan Menteri keuangan yang sudah menjabat selama 2 periode dengan kepala negara yang berbeda. Sosoknya yang hebat dan pintar, membuat ita menjadi Menteri keuangan dan juga menjadi orang pertama dari Asia yang menduduki sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani lahir di Lampung pada 26 Agustus 1967, beliau adalah anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan Prof. Satmoko dan Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Beliau telah menyelesaikan sarjana ekonomi di Universitas Indonesia pada tahun 1986. Tak hanya sampai situ saja, ia pun melanjutkan pendidiknya di Amerika Serikat untuk S2 dan S3. Kecerdasannya pun tak sudah di ragukan lagi, gagasan yang ia memiliki membawa jalan kepada berbagai jenis pekerjaan termasuk menjadi Menteri.

Biasanya orang yang menempuh hingga S3 memang dilatar belakangi oleh keluarga, dan memang benar, Sri Mulyani lahir di keluarga yang sangat menjunjung tinggi pendidikan. Saudaranya kandunganya pun banyak memiliki gelar doctor hingga professor. Bahkan kedua orang tuanya pun memiliki gelar yang sama seperti Sri Mulyani.

Beliau pernah menjadi Wakil Kepala Pendidikan dan Wakil Kepala Bidang Penelitian di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Ia pun sangat berkontribusi dalam penelitian dalam hal perbankan, ekonomi moneter dan perbankan. Pencapainnya selama ini pun tak usah diragukan lagi karenan memang kemampuan yang ia miliki sangat sebanding dengan hasil-hasilnya, seperti menjadi World Bank Project di tahun 1986, Fiscal Reform in Indonesia di tahun 1995 dan pencapaian lainnya.

Sri Mulyani pun pernah menjadi konsultan saat bergabung dengan USAID di tahun 2001. Ia pergi ke Georgia, Atlanta dan AS untuk memberikan nasihat tenang bagaimana program S2 untuk di yang mengambil program USAID di Indonesia, khusunya di bidang ekonomi. Selain menjadi konsultan, ia pun pernah menjadi dosen di Georgia University.

Tak hanya itu saja, di sekitaran akhir 2002 ia menjadi pakar Ekonomi di Indonesia sejak bergabung dengan IMF dan menjadi Executive Director untuk menggantikan psisi Iskandar Djojosubroto. Karena ia pun sangat sibuk, sangat disayangkan sekali beliau harus meninggalkan profesi sebagai dosen dan jabatan komisarisnya di perusahaan swasta.

Sri Mulyani juga menjadi wanita yang paling berpengaruh di dunia dan menduduki posisi ke 23 versi majalah Forbes beberapa tahun lalu. Beliau juga pernah ditunjuk untuk Direktur Pelaksana Bank Dunia, karena itulah ia mengundurkan diri dari Menteri Keuangan. Namun setelah 6 tahun, Presiden Jokowi pun memilih ia kembali untuk menjadi Menteri Keuangan.

Terlepas dari pencapaian dan prestasi-prestasi yang beliau kerjakan tak luput dari kerja kerasanya selama ini. Beliau memang pribadi yang sangat tegas, namun dibalik itu semua ia hanya ingin memperbaiki dan membangun ekonomi Indonesia yang lebih baik. Apa yang ia lakukan selama ini juga untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, bahkan karena kecerdasannya Indonesia bisa bangkit dari buruknya ekonomi. Karena sosoknya yang humble dan sangat cerdas membuat Sri Mulyani dijululi sebagai Menteri Keuangan terbaik di dunia, bahkan banyak negara yang tak ragu dengan kinerja beliau.