Mengenal Sosok Jurnalis Najwa Shihab Lebih Jauh

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, nama yang sudah sangat sering muncul di layar tv atau smartphone kamu.

Ya, Najwa Shihab merupakan salah satu wanita hebat asal Indonesia yang namanya sudah dikenal oleh banyak orang karena kepintaran dan juga ketajaman pada setiap pertanyaannya.

Wanita yang akrab dipanggil Nana merupakan wanita kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977.

Merupakan mantan pembawa acara berita di salah satu stasius tv di Indonesia yaitu Metro TV dan ia juga pernah menjadi anchor dalam program berita seperti Metro Hari Ini, Suara Anda, dan juga Mata Najwa.

Najwa merupakan putri dari mantan mentri agama pada saat era Kabinet Pembangunan VII yaitu Quraish Shihab.

Nana sendiri menikah dengan Ibrahim Assegaf, dan sudah dikarunai satu orang anak laki-laki yang dipanggil Izzat.

Ia  merupakan alumni dari Fakultas Hukum UI pada angkatan 1996, pada masa SMA nya ia sudah mulai menampilkan pesonanya dengan terpilihnya ia untuk mengikuti program American Field Service (AFS).

AFS sendiri di Indonesia dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya selama satu tahun di AS. Setelah itu ia mulai merintis karirnya di tahun 2001 dengan bergabung bersama RCTI.

Namun, tak lama berselang akhirnya ia memutuskan untuk pindah ke Metro TV, karena stasiun tersebut dinilai lebih menjawab passionnya pada bidang jurnalistik.

Lalu pada tahun 2017 tepatnya bulan Agustus, ia mengundurkan diri dari acara yang sudah membuat namanya sangat dikenal tersebut.

Akhirnya acara tersebut diambil oleh stasiun TV lain yaitu Trans7 dengan nama program dan juga jam tayang yang sama yaitu pada hari Rabu pukul 20.00 WIB.

Setelah sukses berkecimpung dalam dunia jurnalistik, ia tidak berdiam pada zona nyaman, Nana kemudian mendirikan sebuah perusahaan berita dan juga media omni-channel yang menciptakan dan juga mengelola beberapa konten yang bernama Narasi TV.

Semasa karirnya ia sudah mendapatkan banyak penghargaan seperti pengharaan dari PWI pusat dan juga PWI jaya atas laporannya pada game slot online saat di Aceh.

Pada saat itu ia sedang melaksanakan tugas untuk meliput di Aceh yang baru saja dilanda bencana tsunami pada Desember 2004 silam, dalam liputannya tersebut ia dinilai memberi andil yang secara tak langsung memberikan rasa empati masyarakat terhadap tragedy yang terjadi tersebut.

Nana yang pada saat itu langsung tiba di Aceh pada hari pertama bencana, menyaksikan langsung bagaimana tsunami memporakporandakan Aceh.

Selain itu di thaun 2006 ia terpilih menjadi jurnalis terbaik dari Metro TV dan namanya juga masuk ke dalam Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards.

Kehebatannya juga sudah melambung hingga internasional, terbukti dari namanya yang terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung pada beberapa kota di AS, dan ia menjadi pembiaca pada Konvensi Asian American Journalist Association.

Tak hanya penghargaan yang sesuai profesi yang diterima, pada tahun 2016 Nana ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk menjadi Duta Baca Indonesia.

Ia juga ditunjuk untuk membuat perpustakaan bergerak agar literasi membaca di Indonesia bisa semakin meningkat.

Nah, kira-kira itulah sedikit pengenalan tentang Najwa Shihab, salah satu wanita Indonesia yang hebat.

Semoga dengan adanya article ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan kamu ya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah untuk menggapai mimpi kamu.