Presiden Wanita Pertama Kroasia

Kolinda Grabar-Kitarovic adalah presiden ke-4 Kroasia yang sekaligus sebagai presiden pertama wanita yang ada di lantik masyarakat Kroasia. Dikabarkan dari banyak infotaimen dunia, Kolinda Grabar adalah politikus wanita terseksi yang ada di dunia. Yang menjabat sebagai presiden hingga tahun 2015. Wanita kelahiran Rijeka (Kroasia), 29 April 1968 ini telah menjadi pemimpin banyak orang. Ia menjadi lebih banyak yang mengidolakan setelah ia melakukan penerbangan ke Kroasia untuk menyaksikan langsung tim nasional Kroasia dalam Final Piala Dunia 2018 yang kala itu melakukan pertandingan dengan Prancis.

Kolinda Grabar-Kitarovic

Banyak sekali citra dari Politikus ini yang banyak menimbulkan perhatian dunia, bukan hanya kecantikan yang dimiliki namun juga kecerrdasan dan Aura. Namun yang menjadi banyak sorotan adalah tentang Kolinda yang menjadi salah satu politikus wanita terseksi yang pernah ada di seluruh dunia. Lahir pada 29 April 1968 yang sekarang masih menjabat sebagai seorang politikus wanita.

Dengan kecerdasan yang dimilikinya, ia tidak hanya menjadi seorang politikus muda namun juga menjadi seorang presiden wanita pertama Kroasia pada tahun 2015 ke 2020. Ia menjadi wanita pertama yang terpilih untuk menjabat sejak pemilihan umum multi-partai pertama tahun 1990 dan kemerdekaan pada tahun 1991. Dengan usia yang bisa dikatakan cukup muda, ia menjabat sebagai seorang presiden di usianya yang ke-46 tahun. Ia juga mendapatkan julukan sebagai presiden Kroasia termuda kala itu.

Sebelum Menjadi Seorang Presiden

Sebelum dirinya terpilih menjadi seorang presiden, Kolinda memegang beberapa posisi di pemerintahan dan diplomatik. Dia adalah mentri Urusan Eropa dari tahun 2003 hingga 2005, mentri pertama Urusan Luar Negri dan Integrasi Eropa dari tahun 2005 hingga 2008. Ia juga pernah menjabat sebagai kebinet pertama dan kedua di Ivo Sanader, dua besar Kroasia untuk Amerika Serikat di tahun 2008 hingga tahun 2011 dan ia juga sempat menjadi Sekretaris Jendral Anders Fogh Rasmussen dan Jens Stoltenberg dari tahun 2011 hingga 2014.

Banyak sekali yang ia jabat sebagai politikus wanita yang sukses di dunia politik. Grabar-Kitarovic adalah anggota partai Konservatif Uni Demokratik Kroasia dari tahun 1993 hingga tahun 2015. Banyak sekali posisi yang ia jabat sebelum ia menjadi seorang presiden wanita pertama Kroasia. Pada tahun 2017 majalah Forbes mencantumkan Grabar-Kitarovic sebagai wanita terkuat nomor ke -39 di dunia.

Awal Memulai Karir

Pada tahun 1992, Kolinda menjadi seorang penasihat departemen kerja sama internasional di Kementrian Sains dan Teknologi. Pada tahun 1993, ia bergabung dengan Uni Demokratik Kroasia (KDZ). Pada tahun yang sama juga ia dipindahkan menjadi seorang penasehat oleh kementrian Luar Negri. Dengan kepintaran yang ia miliki banyak pihak pemerintahan dan badan kenegaraan mempercayakan nya sebagai penasehat. Jabatan yang sangat membanggakan juga saat ia menjabata sebagai salah satu kepala departemen Amerika Serikat hingga tahun 1997.

Awal Memulai Karir Kolinda Grabar-Kitarovic

Tahun itu menjadi tahun dimana ia mulai menjalani tugas nya di Kedutaan Kroasia di Kanada sebagai anggota dewan diplomatik hingga akhir Oktober 1998, dan kemudian sebagai menteri-anggota dewan.

Setelah sekian banyaknya ia menjalankan tugas atas jabatan yang diterimanya, ia kemudian menjadi terpilih menjadi anggota Parlemen Kroasia dari distrik pemilihan ketujuh sebagai anggota Uni Demokratik Kroasia pada pemilihan parlemen pada tahun 2003. Sampai pada saat itu tahun 8 Maret 2008, ketika presiden yang masih masih menjabat adalah Stjepan Mesic, ia menjadi duta besar Kroasia untuk Amerika Serikat , yang mana kala itu menggantikan Never Jurica. Ia menjabat sebagai Duta Besar priode tahun 2011.