Artikel Pollitikus Perempuan Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak kenal dengan Menteri  kelautan yang satu ini? Memiliki karakter yang nyentrik dan ceplas ceplos, membuat siapapun jatuh hati padanya.

Susi pudjiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 adalah mantan Menteri kelautan dan perikanan dari cabinet kerja 2014 – 2019 yang juga pengusaha Pemilik dan Presiden Direktur dari PT ASI Pudjiastuti Marine Product, Eksportit hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air. Keluarga Susi terbilang orang berada.

Kedua orang tuanya sudah bergelar haji. Bahkan kakek buyutnya Haji Ireng dikenal sebagai tuan tanah. Keluarga Susi sendiri memiliki usaha ternak. Biasanya keluarganya membeli tanah dari Jawa Tengah dan menjualnya lagi di Jawa Barat.

Masa Kecil Ibu Susi Pudjiastuti

Masa Sekolah Susi hanya lulusan SMP. Sempat masuk SMA 1 Yogyakarta  sampai kelas 2 putus sekolah tidak membuatnya rendah diri dan pantang menyerah, susi malah termotivasi untuk mandiri dengan berjualan bed cover keliling pangandaran yang pada saat itu berusia 18 Tahun.

Tak hanya itu ia juga menjadi pengepul ikan dipangandaran yang mendapatkan modal dari menjual perhiasaannya Rp. 750.000

Diusia yang sangat muda pada 20 tahun susi mengambil keputusan untuk pindah ke cirebon, untuk mengembangkan bisnisnya sebagai pengepul ikan lalu menjualnya ke tanjong priok, Jakarta Utara.

Bisnis Berkembang Pesat

Bisnisnya mulai berkembang setelah 13 tahun dijalaninya, pada tahun 1996 dalam usia 31 tahun Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan dengan Nama PT ASI Pudjiastuti Marine Product, yang memiliki produk unggulan berupa udang lobster dengan merek : “Susi Brand” Tidak sampai situ bisnis lobsternya meluas sampai ke Asia dan Amerika.

Karena tuntutan pasar yang menginginkan produknya, Susi membeli sebuah pesawat jenis Cessna Caravian seharga Rp 20 Miliar dengan meminjam ke bank, Pada tahun 2004.

Seiring berjalannya waktu Susi melihat peluang yang bagus dalam transportasi penerbangan, awalnya hanya untuk mengangkut barang jualannya, namun bisa digunakan untuk penyewaan pesawat, maka dari itu dia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation.

Merambah Transportasi Pesawat

Bisnis sewa pesawat miliknya mulai dilirik banyak orang. Pada saat itu pesawat miliknya adalah yang pertama yang berhasil ke lokasi Bencana Tsunami Aceh untuk memberikan bantuan kepada korban.

Sering berjalannya waktu perusahaan penerbangan susi semakin berkembang sehingga memiliki 50 pesawat terbang dengan berbagai jenis. Dan memiliki 175 pilor asing dari 180 pilot yang dia miliki.

Menteri susi yang dijuluki sosok Srikandi di era modern ini, karena bukan Cuma percaya diri saja tetapi juga pemberani, buktinya kapal asing yang mau masuk dan mencuri perairan Indonesia langsung di ledakan dan di tenggelamkannya oleh dia. Walau banyak kecaman dari warganet ia tetap membalas dan membukam mulut warganet dengan jawaban yang cerdas dan santai.

Selama menjalankan tugasnya, susi dikenal tegas dan tak segan untuk menenggelamkan kapal asing illegal yang mencuri perikanan di perairan Indonesia.

Telah Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Namun pada Periode Kabinet Indonesia maju 2019-2014 Presiden Jokowi , Susi tidak menjabat lagi sebagai Menteri Kelautan dan perikanan, yang digantikan oleh Edhy Prabowo.

Susi melepas jabatan Menteri kelautan perikanan kepada Edhy Prabowo membuat dirinya senang karena Edhy adalah orang yang dikenal baik dan mengetahui semua program KKP.

Segala kekhawatiran soal kedaulatan dan kesejahteraan laut sirna karena dipegang oleh orang yang benar seperti Edhy, dan yakin bisa meneruskan kebijakannya setelah tidak menjadi menteri

Setelah berakhirnya masa tugas, Susipun memilih dan memutuskan untuk Kembali kekampung halamannya sekaligus tempat kelahirannya yaitu Kabupaten Pengandaran.