Kenalan dengan Sosok Ketua DPR yaitu Puan Maharani

Apakah kamu tahu siapakah sosok peminpin DPR saat ini? Ya jawabannya adalah Puan Maharani yang merupakan putri dari Megawati Soekarnoputri dan cucu dari presiden pertama Ir.Soekarno.

Namanya semakin dikenal banyak orang karena tindakannya yang mematikan mic pada saat sidang omnibus law sedang berlangsung, dan membuat semua orang marah dan bertanya-tanya atas tindakan yang dilakukannya itu.

Puan resmi menjadi ketua DPR dengan dilantiknya ia pada tanggal 1 Oktober 2019, sama hal dengan ibunya, pelantikannya ini membuat perbincangan hangat.

Sebab, kejadian yang sama seperti terulang kembali karena Puan merupakan ketua DPR perempuan pertama selama Indonesia berdiri lho.

Puan sendiri ditemani dan dilantik bersama empat wakil ketuanya yang terdiri dari Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

Politikus yang satu ini merupakan perempuan kelahrian Jakarta, 6 September 1973, dan memiliki nama asli Puan Maharani Nakshatra Kusyala devi, S.I.Kom.

Sebelum menjadi ketua DPR seperti sekarang ini, Puan merupakan Mentri Koordinator Bidang Pembangunan manusia dan Kebudayaan Indonesia.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI di tahun 2012 hingga 2014 dan berada pada Komisi VI yang bertugas untuk mengawasi BUMN, perdanganan, koperasi, UKM, dan juga anggota badan kelengkapan dewan BKSAP DPR.

Wanita yang satu ini merupakan anak dari pasangan Megawati dan Taufiq, dan Puan merupakan anak tunggal dari pasangan tersebut.

Selain itu, ia juga merupakan lulusan dari salah satu universitas ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia dengan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan focus jurusan yaitu Komunikasi Massa.

Sejak SMP ia sudah mulai melihat bagaimana cara kerja dari politisi, hal tersebut ia dapatkan berdasarkan pengamatannya dalam berkeliling Indonesia bersama Megawati.

Pada SMA Puan juga pernah menyaksikan langsung sang ibu dikonfrontir oleh utusan para penguasa yang melarang ia masuk kedalam struktur PDI, dan dari kejadian tersebut ia bejalar bagaimana cara untuk tenang dan tetap berpegang teguh pada prinsip perjuangan.

Tahun 2006 merupakan tahun pertamanya Puan mulai serius dan aktif dalam organisasi politik, pada saat itu ia menjadi DPP KNPI Bidang Luar Negri pertama kali, setelah itu ia mencoba mencalonkan diri sebagai anggota legislative di Pemilu 2009 silam dari Dapil Jawa tengah V.

Perjuangannya pun membuahkan hasil dengan terpilihnya dia dengan suara terbanyak yaitu 242.504 suara.

Saat ini, Puan sudah memiliki dua orang anak yang bernama Prabawa Diwangkara Caraka Putra Soma dan juga Diah Pikatan Orissa Putri yang didapatkan dari hasil pernikahan dengan Happy Hapsoro yang merupakan salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia.

Puan juga merupakans eroang pemilik perusahaan keluarga yang bernama PT Rukun Raharja yang bergerak pada bidang real estate, kemudian berganti menjadi perusahaan energi yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir dengan focus transportasi gas di tahun 2010.      

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai profil singkat sosok ketua DPR RI saat ini yaitu Puan Maharani.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa semakin menambah pengetahuan kamu tentang sosok penting yang ada di Indonesia khususnya para wanita yang turut andil dan juga berjasa dalam membuat Indonesia semakin maju.