Dra. Hj. Rustriningsih, M.Si, seorang wanita yang lahir di Kebumen, Jawa Tengah. Siapa sih Rustriningsih? Dia adalah seorang bupati dari Kebumen selama dua periode, di mana ia dianggap berhasil untuk membawa masyarakat Kebumen menjadi lebih sejahtera.

Ketika ia menjadi seorang bupati, ia membangun infrastruktur jembatan Karangbolong yang dekat dengan tempat judi sbobet online yang melintasi sungai Suwuk yang menjadi penghubung diantara kecamatan Puring dan kecamatan Ayah.

Bukan itu saja, selain itu Rustriningsih juga memperbaiki jalur Cilacap juga jalur Adipala Cilacap-Bodo yang awalnya rusak parah, kini menjadi jalanan sepanjang 87,25 dengan aspal.

Rustriningsih juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008 – 2013 dengan pasangan Bibit Waluyo sebagai Gubernur.

Rustriningsih juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah di periode 2008-2013 bersama Bibit Waluyo sebagai Gubernur.

Wanita yang dijuluki sebagai Srikandi Masa Kini ini menyelesaikan pendidikan Sarjananya di jurusan Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto di tahun 1991, setelah itu ia kembali melanjutkan pascasarjananya di Universitas Gadjah Mada atau UGM.

Semenjak ia menjadi Bupatu Kebumen, ia memiliki beragam terobosan untuk membuat masyarakat Kebumen sejahtera, salah satunya adalah mendirikan sebuah stasiun TV lokal yang hanya mengudara di siang hari.

Pada siaran TV ini, ada dialog pada warga dengan siaran langsung. Bukan TV saja, ada juga laman web yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Bukan itu saja, Rustriningsih adalah salah satu dekorator organisasi masyarakat Nasional Demokrat bersama dengan Surya Paloh di tahun 2012. Tetapi saat ormas tersebut bermetamorfosa menjadi partai, ia tetap setia kepada partai yang ikut membesarkannya, PDI Perjuangan.

Namun sekarang ini ia sudah jarang mengikuti kegiatan partai. Sejak ia tidak dicalonkan lagi untuk maju sebagai calon gubernur Jateng, ia sudah tidak pernah lagi muncul pada kegiatan partai. Selain itu juga belum ada pengunduran diri secara resmi yang diajukan oleh Rustriningsih.  

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai salah satu politikus wanita, Rustriningsih, wanita yang berhasil membuat Kebumen selangkah lebih maju.