Siti Nurbaya Bakar, Siapa Itu?

Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. (lahir di Jakarta, Indonesia, 28 Juli 1956; umur 64 tahun) adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja 2014 – 2019.

Pada 23 Oktober 2019 ia dipilih kembali mengemban tugas sebagai menteri lingkungan hidup dan kehutanan pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Ia bersekolah di SMA Negeri 8 di Jakarta dan lulus pada tahun 1974. Ia lalu melanjutkan pendidikannya ke Institut Pertanian Bogor mulai dari 1975 – 1979.

Ia menepuh S2 di International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC), Enschede, Belanda, dan lulus pada 1988.

Tak cukup sampai di situ, ia juga melanjutkan pendidikan S3 nya di IPB dengan Siegen University, Jerman dan lulus di tahun 1998.

Salah satu politikus hebat dari Indonesia ini belum banyak diketahui mengenai profilnya. Karena itulah, di bawah ini kami akan memberikan riwayat karir mereka.

Riwayat Karir Siti Nurbaya Bakar

Riwayat Karir Siti Nurbaya Bakar

Di dalam dunia birokrasi, Siti Nurbaya pernah menduduki berbagai jabatan. Ia memulai karirnya pada tahun 1980 di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung.

Di sana, ia menjabat sebagai Kasubid Analisis Stastistik, Kasi Penelitian Fisik, Kasi Pengairan, Kasi Tata Ruang, Kabid Penelitian, Kabid Prasarana Fisik dan Wakil Ketua Bappeda.

Lalu, ia berturut-turut menjadi Kabiro Perencanaan di Departemen Dalam Negeri, Pengajar di Kopertis, Pelaksana Manajemen di STPDN, Sekretaris Jenderal Depdagri, Dewan Komisiaris Pusri, dan Ketua Komite Investasi dan Manajemen Risiko Pusri.

SITI Nurbaya juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal DPD-RI dari tahun 2006 hingga 2013. Semasa jabatannya ia mendapatka penghargaan Laporan Akuntansi Standar Tertinggi dari Menteri Keuangan dari 2008 hingga 2011.

Ia juga mendapatkan sebuah Penghargaan WTP Laporan Keuangan dari BPK-RI sejak penilaian awal sebagai Sekjen DPD-RI.

Setelah pension dari PNS (Sekjen DPD-RI) pada tahun 2013, Siti Nurbaya masuk dunia politik dan menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem.

Lalu di tahu n 2014 Ia menduduki posisi Menteri LHK Kabinet Kerja periode 2014-2019. Ia juga berlanjut ke tahun 2019 dan dipercaya kembali untuk membantu presiden Joko Widodo dan menduduki posisi yang sama pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Ia mulai menjabat pada 27 Oktober 2014 menggantukan Chairul Tanjung dan Balthasar Kambuaya dimana mereka sebelumnya merupakan menteri kehutanan dan menteri lingkungan hidup.

Siti Nurbaya sendiri merupakan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia yang dipercaya oleh bapak Presiden Joko Widodo untuk dilantik kembali ke pada masa jabatannya.

Hal ini membuktikan bahwa Siti Nurbaya memang bekerja dengan baik sehingga presiden bisa percaya sepenuhnya kepadanya dan tidak menggesernya dengan orang lain.

Tentu saja ini juga menjadi bukti bahwa tidak semua aparat pemerintah melakukan pekerjaannya dengan semena-mena dan asal-asalan.

Karena, ada pula orang-orang seperti ibu siti ini yang bekerja sepenuh hati untuk rakyatnya agar kita bisa hidup dengan tentram dan aman.

Ia juga seringkali dijadikan sebagai role model karena sikapnya yang tegas dan dapat memimpin serta mengatur negara ini.

Sebagai politikus, tentu ia menjadi orang yang dipercaya oleh masyarakatnya karena kinerjanya yang memang baik dan bagus.

Itulah profil lengkap mengenai Situ Nurbaya Bakar yang mungkin bisa menambah ilmu pengetahuan kalian mengenai politikus perempuan hebat di Indonesia. Semoga bermanfaat.