Mengenal Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan sosok wanita dengan nama Susi Pudjiastuti, seorang mantan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019. Ia sangat dikenal dengan ketegasannya dalam memajukan kelautan dan perikanan di Indonesia. Ia bahkan tak segan untuk menenggelamkan kapal-kapal yang melanggar.

Tetapi selain menjadi menteri, kamu tahu tidak apa lagi yang bisa kita ambil dari menteri hebat satu ini? Berikut ini kami memiliki beberapa fakta menarik mengenai Susi Pudjiastuti, mantan menteri hebat yang membuat bangga rakyat Indonesia.

Fakta Susi Pudjiastuti

1.Hanya Lulusan SMP

 SMP

Salah satu hal yang membuat geger masyarakat Indonesia kala Ibu Susi diangkat menjadi seorang Menteri adalah masalah pendidikannya yang hanya sampai tingkat SMP. Sebenarnya ibu Susi sempat melanjutkan pendidikannya hingga banku SMA, hanya saja ia tidak melanjutkannya ketika di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah. Susi merasa tidak cocok dengan sistem yang ada di sekolah.

Tetapi setelah ia menjadi menteri, ia mendaftar untuk ikut paket C di tahun 2015 dan berhasil melewati ujian di tahun 2017. Pada bulan Mei 2018 Ibu Susi lulus dari ujian susulan.

2. Mulai Berbisnis

Berbisnis

Setelah ia putus sekolah, Susi langsung menjual semua perhiasannya dan berhasil mendapatkan uang Rp750.000. Ia memilih untuk menjadi seorang pengepul ikan di Pangandaran di tahun 1983.  Bisnis yang diawali dengan modal di bawah 1 juta ini akhirnya berkembang di tahun 1996, di mana ia mendirikan pabrik pengolahan ikan bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Produk unggulan dari pabriknya itu adalah lobster dengan nama Susi Brand. Bisnisnya terus berkembang sampai ke Asia dan Pasar Amerika. Karena perkembangan bisnisnya ini, Susi membutuhkan alat transportasi yang bisa mengangkut produknya dalam keadaan yang masih segar.

Oleh karena itu ia membeli dua pesawat, yaitu Cessna Caravan, dengan uang dari pinjaman Bank. Ia berusaha meyakinkan beberapa bank sebelum bisa mendapatkan pinjaman tersebut. Namun, seandainya kondisi Ibu Susi waktu itu sudah lebih maju dan modern seperti pada zaman sekarang ini, besar kemungkinan ia memiliki pilihan lebih baik seperti mengumpulkan modal dari hasil bermain kartu gaple virtual di sebuah situs gaple online uang asli sehingga tidak perlu bersusah payah mengemis bantuan hutang dari bank karena itu termasuk riba. Dengan pesawat ini, lobster yang ia kirim menjadi lebih segar dengan tingkat kematian lebih rendah.

3. Sosok Berjasa di Balik Bantuan Tsunami Aceh

Tsunami Aceh

Susi tidak hanya menggunakan pesawatnya untuk mengangkut lobsternya ke luar negeri. Saat di tahun 2004 kala Tsunami menerjang Aceh, saat itu semua akses untuk masuk ke Aceh pun terputus. Hal ini menggerakkan hari Susi dan ia pun berinisiatif untuk meminjamkan pesawatnya selama dua Minggu untuk mengangkut bantuan.

Tetapi saat Susi hendak menarik kembali pesawatnya, banyak organisasi kemanusiaan yang tetap ingin menggunakannya. Mereka pun bersedia untuk menyewa pesawat Susi untuk digunakan mengirim bantuan ke Aceh. Dari hal inilah Susi terpikirkan untuk terjun ke bisnis penerbangan. Dan di tahun 2012 akhirnya Susi memiliki usaha penerbangan yang hingga kini setidaknya sudah memiliki 50 pesawat dari beragam tipe.

4. Menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan

Susi Pudjiastuti

Di tahun 2014, Susi Pudjiastuti ditunjuk untuk menjadi Menteri di Kementrian Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Sebelum ia dilantik, Susi rela melepaskan semua posisi yang dimilikinya pada perusahaan miliknya. Itu dilakukannya agar bisa menghindari berbagai konflik kepentingan yan mungkin terjadi kala dirinya menjadi menteri sekaligus pemimpin bisnis. Hal ini juga ia lakukan agar bisa menjadi lebih fokus untuk menjalankan pemerintahan.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Susi Pudjiastuti. Banyak hal yang bisa kita petik dari wanita hebat satu ini dan kita patut bangga dengan prestasi yang dimilikinya!